Batu Berlian

batu berlian

Batu berlian atau yang sering dikenal dengan nama diamond adalah salah satu jenis batu mulia yang terkenal karena kepopupelarannya yang sangat tinggi. Biasanya, batu berlian sering digunakan oleh para wanita kaya. Banyak sekali orang kaya yang seakan-akan berlomba-lomba memiliki batu berlian yang paling mahal. Semakin mahal batu berlian yang ia miliki, maka akan semakin tinggi pula status sosialnya.

Berlian adalah sejenis batu mulia yang berasal dari bongkahan intan. batu berlian mengandung atom karbon di dalamnya. Hal tersebutlah yang kemudian membuat batu ini bisa mengeluarkan kilauan indahnya ketika terkena pancaran sinar matahari ataupun cahaya lampu. Biasanya, berlian terbawa ke permukaan bumi melalui letusan vulkanik gunung berapi.

Ciri-Ciri Berlian

Batu berlian adalah bongkahan batu mulia yang terkenal dikarenakan memiliki sifat-sifat fisika yang sangat istimewa, terutama tingkat kekerasannya. Batu ini merupakan benda paling keras yang pernah ditemukan di dunia. Ia juga sangat tahan terhadap panas. namun tetap saja, batu ini bisa hancur apabila dipanaskan dalam suhu panas yang tinggi dan juga dalam rentan waktu yang cukup lama. Daya tahan terhadap panas inilah yang menjadi salah satu ciri khas batu berlian dan dapat membedakan manakah yang asli ataupun yang palsu.

Selain dipuji karena kekerasannya, batu berlian juga mendapat hati d kalangan pecinta batu mulia karena kemampuannya dalam membiaskan cahaya. Sifat-sifat tersebutlah yang kemudian membuat batu berlian menjadi salah satu aksesoris yang paling banyak diminati. Diantara batu mulia lainnya, mungkin hanya batu inilah yang paling sering dijadikan sebagai aksesoris seperti cincin, liontin, manik-manik di gelang, kalung dan lain sebagainya.

Pada umumnya berlian memiliki warna bening. namun meskpun demikian ada juga berlian yang memiliki varian warna lainnya seperti biru, jingga, kuning, hitam, merah muda dan lain sebagainya. Namun diantara beberapa varian tersebut, berlian yang berwarna beninglah yang memiliki paling banyak peminatnya. Tidak hanya itu saja, semaki bening warna suatu berlian maka akan semakin mahal juga harganya.

Moissanite

Seiring kemajuan jaman, manusia berusaha untuk membuat sintetik berlian yang memiliki sifat, bentuk dan kekerasan yang sama untuk aslinya. Usaha tersebut akhirnya berhasil, para ilmuwan berhasil membuat sebuah batu permata sintetik dengan komposisi karbon murni. Komposisi tersebut membuatnya memiliki sifat, bentuk dan kekerasan sama seperti aslinya. Hanya saja biaya untuk membuat berlian sintetik ini ternyata jauh lebih mahal daripada harga yang asli. Oleh karena itu, penelitian ini tidak dapat dikomersialisasikan.

Para ilmuwan kemudian berusaha membuat sebuat batu permata dengan komposisi karbon yang tinggi tetapi tidak murni. Hingga akhirnya jadilah apa yang disebut dengan Moissanite, batu ini tersusun dari sekitar 90% carbon sehingga memiliki sifat yang mirip dengan berlian. Ia memiliki kekerasan sekitar 9,5 skala mohs dan memiliki tampilan yang hampir sama dengan berlian. Karena bukan terdiri dari carbon murni, harga jual Moissanite juga relatif murah. Di pasaran 1 cr moissanite berwarna bening biasanya dihargai sekitar 100 ribu rupiah. Jauh lebih murah daripada yang asli.