Batu Pandan Lumut

batu pandan lumut

Pandan merupakan batu chalcedony yang memiliki serat sisik didalamnya. Serat sisik ini bisa terjadi secara alami ataupun melalui treatment pemanasan yang dilakukan oleh manusia. Salah satu batu pandan yang paling dicari adalah pandan lumut yang memiliki warna kehitaman. Saking banyak yang mencarinya, para ahli perbatuan berusaha untuk mencari cara treatment yang dapat membuat pandan kapas (berwarna putih) untuk bisa menjadi kehitaman.

Treatment

Beberapa cara sudah terbukti berhasil untuk membuat pandan yang berwarna putih agar bisa berubah menjadi kehitaman. Salah satu yang paling populer adalah dengan memasangkannya ke ring tembaga. Sifat oksidasi yang dimiliki logam tembaga terbukti dapat mempengaruhi batu chalcedony untuk bisa berubah warna menjadi kehitaman. Hanya saja cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa merubah batu pandan yang putih tadi menjadi kehitaman.

Ada cara treatment lain yang bisa membuat batu pandan menjadi kehitaman dengan cepat. Anda perlu menyediakan larutan HCL dengan kadar minimal 50% dan logam tembaga murni berukuran sekitar 1/2 ukuran batu yang ingin anda treatment. Rendam logam tembaga murni tadi menggunakan larutan HCL dan diamkan selama 1 malam. Masukkan batu pandan yang ingin anda treatment ke dalam rendaman tembaga tadi keesokan harinya dan jemur di terik sinar matahari. Biasanya hanya dalam waktu 3 hari, batu pandan anda sudah mengalami perubahan warna yang signifikan.

Harga Batu Pandan Lumut

Karena banyaknya peminat jenis batu mulia ini dan sedikitnya pasokan yang ada, membuat pandan lumut memiliki harga yang cukup tinggi. Satu buah batu pandan lumut yang memiliki sisik rapi, warna cincau dan ukuran panjang sekitar 3,5 cm adalah sekitar 1 juta rupiah. Itupun masih sangat sulit untuk mendapatkannya, karena sangat jarang ada kolektor yang mau menjual batu pandannya dengan banderol tersebut. Pasokan dari pengejarin dan pedagang batu pun jumlahnya tidak banyak, sehingga anda perlu berebut dengan orang lain untuk bisa mendapatkannya. Rajin-rajinlah untuk menghubungi para pengrajin pandan, mengenai apakah mereka sedang memiliki stok batu ini ataupun tidak.

Jenis

Batu pandan lumut dapat dikelompokkan ke dalam tiga jenis berdasarkan warna yang dimilikinya. Semakin batu tersebut mendekati warna cincau maka semakin mahal harganya.

Batu Pandan Semi Lumut

Jenis batu ini masih memiliki warna putih yang lebih dominan dibandingkan abu-abu yang dimilikinya. Biasanya jenis batu ini merupakan batu yang baru digosok dan belum mengalami treatment. Cukup banyak para pengrajin batu yang malas untuk melakukan treatment, sehingga yang ia jual merupakan batu asli alam.

Batu Pandan Lumut Standar

Jenis batu ini telah memiliki warna abu-abu yang lebih mendominasi dibandingkan warna putih ataupun kekuningan yang dimilikinya. Jenis batu ini sudah memiliki nilai jual yang lumayan, sekitar 250 ribu rupiah tergantung dari kerapihan sisik yang dimilikinya. Biasanya jenis batu ini yang beredar dipasaran sudah merupakan hasil treatment.

Batu Pandan Cincau

Jenis ini telah memiliki warna menghitam yang mirip seperti warna cincau hitam. Persebarannya masih sangat terbatas, sehingga masih banyak kolektor yang ingin memilikinya. Salah satu sebab mahalnya jenis batu ini karena sedikitnya orang yang bisa dan mau untuk melakukan treatment terhadap batu pandan yang dimilikinya. Apalagi batu pandan yang berwarna cincau ini sangat jarang sekali terdapat di alam, membuat hampir semua yang ada di pasaran merupakan hasil treatment.