Batu Spinel

batu-spinel

Batu spinel memang sedikit mirip dengan batu ruby. Ia memiliki warna dan kilau yang sama indahnya dengan ruby. Bila dibandingkan, kedua batu mulia tersebut memang nyaris tidak ada perbedaan sama sekali. Ada banyak orang menganggap bahwa ruby adalah spinel dan juga yang menganggap spinel adalah ruby. Keduanya memang mirip seperti sepasang saudara yang kembar identik yang tidak bisa dibedakan. Walau begitu secara mineral keduanya dan mikroskopis kedua batu ini sebenarnya berbeda kok.

Ciri-Ciri Batu Spinel

Ciri khas dari batu spinel adalah tingkat kekerasannya yaitu 7,5 hingga 8 skala mohs. Hal itu berbeda dengan ruby yang merupakan salah satu batu terkeras di dunia, yang kekerasannya mencapai 9 skala mohs. Batu ini mengkristal dalam sistem isometrik dan memiliki belahan oktahedral yang tidak sempurna. Dari segi warnapun, spinel tidak hanya ada yang berwarna merah atau pink saja. Ada juga yang memiliki warna lain seperti ungu, biru, hijau, coklat dan hitam. Walau begitu memang mayoritas batu ini memiliki warna yang kemerahan.

Selain itu, batu spinel yang asli sangat sulit untuk dicari, sehingga jarang ada toko perhiasan yang menjual batu mulia ini. Kebanyakan toko perhiasan hanya menjual spinel sintetis. Mereka tidak dapat mendatangkan batu spinel dari negara aslinya seperti Burma, Vietnam, Madagaskar, Thailand, Kamboja dan Sri Langka.

Selain karena izinnya yang susah, faktor lain yang menyebabkan toko perhiasan tidak bisa mendatangkan batu ini adalah karena di negara aslinya sendiri, batu spinel memang tergolong batu mulia yang sangat langka. Di Thailand, batu spinel seringkali dijadikan media pengobatan dan perawatan kecantikan. Banyak sekali orang yang percaya bahwa batu ini dapat membangkitkan aura kecantikan ataupun penampilan fisik mereka.

Sementara itu di beberapa negara lainnya, batu spinel dipercaya sebagai sumber kekayaan. Mereka yakin bahwa batu spinel dapat menarik uang, membangkitkan kharisma (citra diri), menjaga kehormatan dan sebagainya. Caranya sangat mudah, mereka tinggal memakai perhiasan yang dibuat dengan menggunakan batu ini.

Harga Batu Spinel

Karena kelangkaannya serta banyaknya mitos yang beredar tentang batu ini, menyebabkan harga batu spinel sangatlah mahal. Sebuah batu spinel dengan kualitas rendah yang berukuran 1 cm saja, harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Sedangkan untuk yang berkualitas bagus dan berukuran 1 cm harganya mencapai puluhan juta rupiah. Padahal mitos yang beredar tentang batu ini, tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Bahkan ada juga orang yang menghabiskan uang tabungannya untuk membeli batu ini, nyatanya justru semakin seret rejekinya setelah berhasil memiliki batu spinel ini.

Bagi saya, spinel memang merupakan sebuah mineral yang langka dan jika punya uang berlebih kita boleh mengkoleksinya. Akan tetapi apabila dimaksudkan untuk hal-hal lain, batu ini hanyalah benda biasa sehingga janganlah anda tertipu mengenai mitos yang beredar mengenainya.