Batu Topaz

Batu topaz adalah salah satu batu mulia yang memiliki tampilan sangat indah. Batu topaz memiliki kilau seperti batu permata, sangat megah bila menempel di tubuh dan tentunya harganya pun cukup tinggi. Penggemarnya pun cukup banyak, mau orang tua ataupun muda, pria ataupun wanita, semuanya menyukai untuk memakai batu ini.

Batu topaz tersusun dari alumunium oksida dan kiezeizuur. Ia memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi yaitu 8 skala mohs. meskipun memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi, sayangnya batu ini sangat sensitif terhadap suhu yang ekstrem. Cuaca ata suhu yang ekstrem dapat membuat batu topaz menjadi rusak. Tentunya hal tersebut dapat menurunkan nilai dan juga harganya.

Jenis Batu Topaz

Topaz paling banyak ditemukan di kawasan Topaz Mountain yang berada di Utah (sebuah negara bagian yang terletak di bagian barat Amerika Selatan). Namun selain di Topaz Mountain, batu ini juga banyak ditemukan di berbagai belahan dunia lain, seperti Rusia, Afhanista, Skotlandia, Irlania Utara, Sri Langka, Jerman, Norwrgia, Pakistan, Italia, Swedia, Jepang, Meksiko, Australia, Nigeria dan Brazil. Cadangan topaz yang ada di Brazil saat ini disebut sebagai cadangan terbesar yang telah ditemukan.

Blue topaz yang berasal dari negara Brazil juga begitu terkenal. Batu ini paling banyak ditemukan di daerah Minas Geraiz, Brazil. Selama lebih dari 300 tahun, ribuan penambang dari daerah distrik Ouro Preto, Brazil menjadikan batu ini sebagai mata pencariannya. Itulah sebabnya mengapa Brazil menjadi salah satu negara penghasil blue topaz terbesar di dunia.

Jenis batu topaz lainnya yang paling banyak dicari adalah topaz cokelat (smoky topaz) yang berasal dari Meksiko. Selain kedua jenis tersebut, ada juga topaz merah muda yang berasal dari Pakistan dan Rusia. Namun sayangnya, topaz merah muda ini dijual dengan harga yang cukup mahal karena masih sangat langka dan susah dicari. Wajar saja bila topaz merah muda menjadi jenis topaz yang paling mahal di antara jenis-jenis lainnya.

Harga

Selain kilau cahayanya yang membuat orang terpana, harga batu topaz pun cukup fantastis. Sebagai contoh saja batu blue topaz yang biasa dijual dengan harga mulai dari 200 ribu rupiah sampai 2 juta rupiah per gramnya. Sedangkan Chocolate Topaz dijual dengan harga sekitar 150 ribu hingga 2 juta rupiah per gramnya. Fantastisnya lagi, untuk topaz dengan kualitas keindahan yang lebih bagus, bisa terjual dengan harga mencapai puluhan juta rupiah per gram.

Anda harus berhati-hati dalam membeli batu topaz. Topaz berkualitas tinggi memiliki kilau yang sangat cemerlang da juga terang. Ia bisa mengeluarkan kilau yang indah seperti berlian apabila terkena sinar lampu. Selain itu, topaz yang asli akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam cairan bromoform. Untuk mendapatkan cairan tersebut, anda bisa membelinya di apotek-apotek terdekat di kota anda.