Batu Turmalin

batu turmalin biru

Turmalin adalah salah satu jenis batu mulia yang memiliki corak warna yang menarik, kilau menawan dan bentuk yang beraneka ragam. Batu ini terbentuk dari gabungan beberapa unsur kimia seperti boron, aluminium dan juga silikat. Warna indah batu turmalin terbentuk karena unsur vanadium, mangan, tembaga, besi dan juga krom.

Batu turmalin memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi,yaitu sekitar 7,5 skala mohs. Tingginya tingkat kekerasan tersebutlah yang menjadi salah satu alasan mengapa batu ini paling banyak dicari oleh para kolektor batu mulia. Selain tingkat kekerasan, para kolektor batu mulia juga terkagum-kagum dengan keanekaragaman warna yang dimiliki batu ini. Ada beberapa kolektor batu mulia yang menganggap bahwa batu permata ini sebagai batu bunglon karena banyak sekali macam warna dan bentuknya.

Namun di antara berbagai macam varian batu turmalin, yang paling banyak dicari oleh para ibu-bu adalah batu yang berwarna merah muda dan juga biru. Sementara para pria lebih menyukai warna merah tua dan juga hitam. Hal tersebutlah yang membuat keempat warna turmalin tersebut menjadi mahal.

Manfaat

Banyak para wanita yang menganggap bahwa turmalin yang berwarna merah muda memiliki manfaat yang sangat besar, terutama untuk menjaga kesehatan fisik serta mental pemiliknya. Mereka percaya bahwa batu turmalin merah muda memiliki hubungan yang sangat erat dengan titik cakra jantung. mereka percaya apabila menjadi batu turmalin sebagai liontin kalung, maka otomatis kesehatan jantung si pemakai akan terjaga. Di samping itu, liontin tersebut bisa membuat pikiran yang kacau menjadi lebih tenang.

Batu turmalin biru juga memiliki banyak sekali manfaat seperti misalnya untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan melancarkan sistem pencernaan. Batu turmalin biru juga sangat cocok dipakai untuk orang-orang yang mengalami gangguan ginjal, meningkatkan sistem kekebalan tubuh,melancarkan sistem kerja jantung dan dapat mengurangi stress serta melancarkan aliran darah yang ada di dalam tubuh.

selain turmalin merah dan juga biru, jenis turmalin yang dianggap memiliki manfaat adalah yang berwarna hijau. Beberapa manfaat batu turmalin hijau di antaranya adalah bisa membantu menyembuhkan penyakit liver, menenangkan pikiran, meningkatkan fokus dan daya konsentrasi, mengurangi rasa stress yang berlebihan, mengatasi insomnia dan juga menurunkan darah tinggi.

Harga Batu Turmalin

Karena memiliki tampilan yang cukup menarik serta adanya manfaat kesehatan yang didapatkan dari batu ini, menyebabkan harga batu turmalin menjadi mahal. Untuk sebuah batu berukuran diameter 1 cm saja, anda perlu merogoh kocek hingga jutaan rupiah. Itupun biasanya yang memiliki kualitas standar dengan tingkat kejernihan yang masih belum terlalu baik.

Harga batu yang memiliki tingkat kejernihan nyaris sempurna, jauh lebih mahal dari itu. Menurut data yang saya dapatkan dari beberapa marketplace di Indonesia, turmalin yang berkualitas bagus dengan warna biru harganya mencapai 10 juta rupiah untuk yang berukuran 1 cm. Itupun tidak terlalu banyak orang yang menjualnya, karena barang ini sangatlah langka.